Ulang Tahun, lepas Kompetisi ayo Kooperasi

Salam, Indonesia,

Selamat ulang tahun yang ke sekian,
semoga semakin dewasa dalam menyikapi perbedaan,
semoga semakin tegas dalam menindak kezaliman,
semoga semakin sadar akan arti kemerdekaan.

Sekedar saran, gimana kalau acara ulang tahunnya diisi dengan lebih banyak lomba bertema kooperasi. Bukan korporasi loh ya. Maksudnya kooperasi itu ya bekerjasama, gotong royong gitu.

Selama ini kan perayaan selalu diisi dengan lomba-lomba kompetitif, salah satu efeknya adalah mengajarkan kita saling sikut, saling injak, saling bersaing dengan saudara sendiri demi menjadi yang paling apalah. Memang sudah ada kerjasama, tapi masih fokus demi mengalahkan kelompok lain, demi kebanggaan golongan atau kelompoknya sendiri.

Pada hari-hari biasa sudah saling sikut, masa iya pada hari yang spesial masih harus saling injak?

Semangat kompetitif ini kalau terlalu dipupuk dan mendarah daging, ya wajar kalau membuat anak-anak bangsa, setelah berkuasa jadi terlalu mementingkan dirinya sendiri, kelompoknya sendiri, agamanya sendiri, partainya sendiri. Bukan berkarya demi bangsa, demi dunia, demi kebaikan semesta, tapi malah terjebak untuk kepentingan golongan.

Kooperasi, gotong royong. Sudah waktunya manusia mulai melirik kearah situ. Bisa dimulai melalui perayaan yang semangatnya full gotong royong. Event yang menghargai setiap individu yang terlibat, apapun latar belakangnya, persetan apa agamanya, tak peduli apa partainya, kaya atau miskin, cantik maupun buruk. Tidak ada menang kalah, tidak ada kompetisi, yang ada hanya semangat kerjasama untuk tujuan bersama.

Misalnya… gimana…?

Hehe…

Saya persilahkan anda untuk memikirkannya. Sadarilah, anda sudah nyangkut baca tulisan ini, di blog terlantar yang lama sekali tidak pernah update ini, jelas bukan karena kebetulan semata. Mungkin Tuhan (atau apapun itu) merasa anda bukanlah orang sembarangan, lalu menyeret anda untuk kembali memikirkan ide ini.

Tak harus komentar, dipikirkan saja dulu :)

Salam Indonesia!

Tag:, , ,

10 responses to “Ulang Tahun, lepas Kompetisi ayo Kooperasi”

  1. ManusiaSuper says :

    Panjat pinang itu bukannya lomba berkelompok guh? Biar saling injak, hadiahnya kan tetap dibagi-bagi…

    Sama saja tokh selama sehari-hari, biar saling injak ya tetap sama-sama korupsi…

  2. lovepassword says :

    Bagaimana kalo bersih-bersih kali ???

    • Guh says :

      Bagus, tapi sepertinya orang males berminat. Selain kotor, hawanya juga bukan hawa perayaan dan senang-senang. Tapi entah kalau sejak kecil dibiasakan gitu. Terimakasih untuk ide ekstrimnya, hehe.

      • chiw says :

        kalo yang kayak gini di kampungku bukan pas 17an aja Guh…
        tapi udah masup agenda rutin bulanan.
        bersih2 got, saluran air minum, pinggir jalanan, dll.

        keknya kalo di desa masih ada yang seperti itu.

        ide bersih2 kali bukan ide bagus buwat kampungku. kalinya buuuening e…
        *sombong*

        • Guh says :

          Harusnya diekspos ya, biar jadi contoh buat yang lain.
          Disini juga desa, tapi kelakuannya ga sebaik disitu.

          • chiw says :

            mungkin beda Guh…
            desamu itu desa yang udah ngota…
            kalo tempatku emang secara lokasi, desa beneran. pelosok malah…

            soal kerjasama antarwarganya sih, keren… walopun anak mudanya koyan mabok, yang tuwa doyan ngerokok, tepo sliro n gotong royong jalan terooosss…

  3. Mbelgedez™ says :

    .
    Mbaca doang, ndak komen…

  4. linkb97 says :

    wah.. gitu ya, kalau di desa ku gotong royong seperti bersih bersih, sarana umum itu udah rutin di lakukan setiap hari jum’at, hari jum’at orang ga kerja… gotong royong… kampung ku asri, hijau. kali nya pun bening.. salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s