Menunda Kantuk Tanpa Menelan Doping

Ada deadline mematikan yang super tanggung, hampir selesai dan tak mungkin ditinggal tidur, tapi kantuk semakin parah?  Atau sedang mengemudi di areal beresiko tinggi, tiba-tiba ngantuk banget, tapi berhenti untuk tidur sama saja cari mati? Tips menunda kantuk ini mungkin bisa berguna di saat darurat:

  1. Perhatikan nafas, tegapkan tubuh anda, tarik nafas yang dalam dan hembuskan penuh kesadaran. Nikmati sepanjang tarikan nafas mensuplai seluruh sel tubuh anda dengan energi kehidupan, hembuskan santai sambil merasakan nikmatnya membuang racun dan sisa metabolisme. Jangan banyak-banyak, satu atau dua kali saja cukup. Ingat, anda sedang ngantuk berat, dan aksi bernafas nikmat ini justru membuat tubuh rileks, jangan sampai anda malah ketiduran sebelum sempat masuk ke langkah berikutnya.
  2. Tulang punggung setegap mungkin, walau anda dalam keadaan duduk. Tarik nafas yang dalam, lalu kencangkan seluruh otot mulai dari kedua tangan, kedua lengan, tangan, bahu, juga dada bagian atas. Nafas jangan ditahan, tapi juga jangan terlalu dilepas, biarkan keluar alami sambil merasakan energi anda mengalir dan membuat semangat tubuh menyala lagi. Aksi “mengejang” ini cukup sekitar 3-5 detik. Ulangi sampai 3 kali kalau anda serakah. Untuk saya sih satu kali saja cukup untuk melenyapkan kantuk.
  3. Masih dalam keadaan tegap, tarik nafas yang dalam, lalu kencangkan otot perut. Rasakan otot perut anda, bagian bawah, tengah, sampai area dada bagian bawah, semuanya mengencang sampai keras seperti batu, bekerja antagonis dengan otot punggung dan pinggang yang otomatis ikut mengencang. Cukup sekitar 3-5 detik. Kencangkan sampai terasa sedikit gemetar, lalu lepaskan dengan nyaman. Rasakan tubuh anda menyala lagi, terbakar api semangat dan siap melayani anda lagi.
  4. Kembali fokus pada pekerjaan. Pastikan tubuh anda mendapatkan suplai air, oksigen dan nutrisi yang cukup. Jadilah tuan yang  memperhatikan kebutuhan budaknya.

Catatan dan Peringatan

  • Petunjuk diatas hanya panduan garis besar, bukan harga mati. Tujuannya adalah memanaskan sel-sel agar tubuh kembali menyala dan bisa dipaksa kerja untuk waktu yang lebih panjang dari yang sepantasnya. Teknis detailnya bisa anda improvisasi sendiri, dengarkan intuisi, Anda yang lebih mengenal tubuh anda sendiri.
  • Jika anda mengemudi, pastikan saat mengencangkan perut, kaki tidak ikut mengencang, apalagi sambil menginjak gas :P Bagaimanapun, memaksa diri untuk terus mengemudi saat mengantuk adalah aksi tolol dan cari mati, yang membahayakan anda dan siapapun yang ada disekitar anda. Silakan coba tips diatas jika, dan hanya jika, anda sangat amat terpaksa.
  • Tips diatas bukan hasil penelitian yang ilmiah, tapi hasil pengalaman dan pembuktian dari pribadi yang tidak punya latar belakang pendidikan kesehatan.
  • Setiap tubuh tentu punya sifat khasnya sendiri, jika ternyata tidak efektif, jangan memaksa terus mengulanginya, cari cara lain saja yang lebih berguna.
  • Setelah misi selesai, anda harus segera istirahat cukup. Hargai dan hormatilah tubuh anda, ingat, saat ini hanya itulah ‘alat’ yang anda miliki untuk menikmati surga dunia. Anda tidak mau ‘alat’ itu cepat jadi rongsokan.
  • Konsultasikan dengan dokter anda, juga dengan guru agama/spiritual anda. Pastikan anda tidak mendapat penyakit maupun ‘dosa’ gara-gara tips diatas. Segala akibat yang timbul dari mencoba tips diatas adalah tanggung jawab anda sendiri.
  • Jika anda punya darah tinggi, jantung yang lemah atau tubuh yang terlalu renta, jangan sekali-kali mencoba tips diatas. Kemungkinan trik itu akan menaikkan tekanan darah dan meningkatkan detak jantung. Walau hanya untuk sementara tapi efeknya untuk tubuh yang lelah bisa sangat berbahaya. Jangan sampai usaha menunda kantuk malah membuahkan stroke.

Selamat mencoba.

Tag:, , ,

4 responses to “Menunda Kantuk Tanpa Menelan Doping”

  1. ManusiaSuper says :

    Worth to try.. akhir-akhir ini memang sering mengemudi ratusan kilometer karena nasip…

    Biasanya saya cuci muka pake air mineral saja kalau ngantuk..

  2. Emina says :

    Kekuatan tubuh memang ada batasnya. Dan batasn tiap org mungkn berbeda. Kalo sy sih kyknya krn kebiasaan tidur awal, jd sering gagal menunda ngantuk. Msk jam 8 udh 5watt aj mata. Pdhl tdk cape jg. Yg bs sdkt menundany adl keributn tmn2 kosan, kmpul cwe2

  3. Bitch, The says :

    um.. seringnya malah gwa ga bisa tidur. kalo udah 2×24 jam lebih ga tidur, baru deh bisa tidur cepet. FYI, sekarang udah ga gila kopi lagi gwa, jadi jangan nyalahin kopi :D

  4. CY says :

    Kalo saya mengemudi jarang ngantuk kecuali di 18 jam keatas. ;))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s