Dongeng Alternatif dibalik kepergian Bu Sri Mulyani

Ada beberapa kisah yang bisa dirajut dengan sok tahu untuk mengarang sendiri penjelasan sekitar kasus kepergian Bu Srimul. Kasus yang sepertinya akan selamanya diselimuti misteri.

Sebelum mulai, kumpulkan dulu bahan-bahannya. Nggak harus yang rumit-rumit:

  1. Siapa dibalik Bank Dunia, kepentingan siapa yang paling dibela, bisa dilihat dari persentase pemegang voting power.
  2. Cara favorit yang digunakan Bank untuk mencipta uang adalah  Fractional Reserve Banking, ini mengharuskan uang dipinjam-pinjamkan agar berlipat dan berbunga-bunga.
  3. Cara membuat sebuah negara terjebak hutang, menurut sang Economic Hitman adalah dengan memanfaatkan korupnya para penguasa. Kalau belum korup ya dibuat korup. Kalau tak mau korup juga, ya diganti dengan yang korup seperti menimpa Omar Torrijos dan Jaime Roldós Aguilera.
  4. Negara peminjam yang penuh korupsi justru menguntungkan para owner Bank. Terbenam hutang, negara akan terpaksa menerima “restrukturisasi hutang” yang mengharuskan sumber-sumber alam yang penting bagi hajat hidup warga malah dikuasai oleh korporasi asing titipan para pemilik Bank, plus masih harus menerima kesepakatan-kesepakatan yang tidak masuk akal.
  5. Walau mengaku Anti Korupsi, Bank Dunia punya jimat kebal hukum. Jadi tetap terlindung dari jerat hukum walau suatu ketika, demi keuntungan para owner dan investor harus dengan senang hati harus mendukung prilaku korup.

Sekarang ceritanya…

Dongeng A

Kita berbaik sangka. Anggap Bu Srimul memang sejujur dan se-anti-korupsi seperti yang dikatakan para pendukungnya. Beliau benar-benar memberantas korupsi, bersih-bersih yang dilakukannya mulai dari kantor pajak mengguncangkan jagat koruptor. Dilihat dari kacamata pihak-pihak yang ingin langgeng dalam mengeruk untung dari Indonesia, ini tidak bagus.

Kalau pembersihan ini menyebar gimana? Kalau penghasilan negara yang meningkat berimbas pada pendidikan, lalu pendidikan berubah jadi mencerdaskan, lalu warga jadi pintar dan sulit diadudomba gimana? Kalau warga tiba-tiba tersadar bahwa negaranya luar biasa kaya raya tapi rakyatnya luar biasa dimiskinkan dan dibodohkan gimana? Kalau pembersihan merembet ke birokrat-birokrat daerah, lalu mereka sulit disogok-sogok, gimana? Bu Srimul itu sumber kekacauan. Bisa-bisa nanti semua sumber daya dikelola sendiri untuk kesejahteraan warga negara, lalu korporasi-korporasi rakus diusir keluar.

Bu Srimul harus dihentikan. Cara biasa. Tahap pertama adalah dibungkam dengan uang. Janjikan gaji maha besar dan jabatan bergengsi tinggi, orang normal kalau disumpel duit kan langsung diam. Kalau perlu jadikan dia sebagai Presiden atau sekalian Tuhan di Bank Dunia, nggak masalah toh cuma pajangan. Penentu keputusan tetap saja para pemegang veto. Kalau Bu Srimul tetap sok suci tak mau disogok-sogok, bisa disuruh menyusul Torrijos dan Omar saja.

Dongeng B

Ini versi yang berburuk sangka. Didasari asumsi bahwa Bu Srimul lebih buruk dari yang dituduhkan orang. Bank Dunia hanya berusaha menyelamatkan salah satu agen nya yang jenius. Daripada dibiarkan jadi bulan-bulanan di sarang penghianat, nanti malah sakit hati karena merasa ditelantarkan, bisa-bisa malah berhianat dan mengungkap jaringan malah jadi rumit. Jadi segera ditarik ke pusat saja. Gampang nanti kalau mau bikin petuah-petuah menjerumuskan, bisa dilakukan dibawah lindungan jimat kebal hukum.

Dongeng C

Ini sub-dongeng dari dongeng pertama. Bu Srimul sengaja menerima jabatan di pusat, pura-pura tergiur uang, pura-pura menyerah mengatasi para tikus di tanah airnya. Padahal dia punya jihad suci. Mengubah prilaku Bank Dunia dari dalam. Dan kalau itu gagal, setidaknya dia bisa memahami taktik para Owner Bank dalam menjajah dunia, untuk nanti sekian bulan lagi, dibeberkan, sukur-sukur beserta solusinya.

Ah, cukup dulu mengarang indahnya. Kalau dibikin sinetron sepertinya keren tuh.

Punya dongeng versi lain?

Tag:, , ,

9 responses to “Dongeng Alternatif dibalik kepergian Bu Sri Mulyani”

  1. Bitch, The says :

    zeitgeist sekali.

  2. Bloggerndeso says :

    Mengamankan yang kedua pak

  3. Bloggerndeso says :

    Prediksinnya mantab banget pak, bisa diikutkan n*wsmaker neh

  4. Lumiere says :

    saya terharu dengan Dongeng C nya mas,

    karna itu sungguh.. sungguh.. dongeng! Mul-ia.

  5. ManusiaSuper says :

    Apa kabar SM sekarang ya?

  6. mu90um says :

    Beliau di siapkan untuk mengamankan keuangan indonesia yg terbesar.
    Yang tertanam di bank bank di dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s