Jaminan

Jaminan I

Sesungguhnya Kami-lah yang menyebabkan blog ini tercipta, dan kamilah yang akan memeliharanya, juga memberkati penulisnya, pembacanya, pemilik hostingnya, dan semua yang terkait dengan blog ini…

Jaminan II

Sesungguhnya blog ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada server yang terpelihara, tidak membacanya kecuali para pembaca yang disucikan.

– – – – – – – – –

Anda bingung apa gunanya jaminan-jaminan aneh itu?

Itu berguna untuk memanipulasi pikiran pembaca.

Misalnya jaminan pertama, itu usaha untuk mengesankan bahwa ada sebuah kekuatan yang menyebut dirinya “kami”, yang dengan kekuatanya memungkinkan blog ini tercipta, terpelihara dan memberkati semua yang terkait dengannya. Sukur-sukur kalau pembaca menyangka bahwa kata “kami” itu mengacu pada Tuhan beserta aparatnya, blog ini pasti akan dianggap keren dan otoritatif sekali.

Jaminan kedua, fungsinya untuk membuat pembaca merasa bahwa blog ini adalah bacaan yang mulia. Menumbuhkan rasa tersucikan pada siapapun yang baca, sambil secara implisit mengatai siapapun yang tidak ikut baca sebagai tak suci, alias kotor, alias najis. Aneh memang, tapi saya yakin kalau jaminan II ini diulangi ribuan kali, ada harapan otak si pembaca akan terhipnotis dan mulai mempercayai.

Efek dari jaminan lainnya silakan Anda kira-kira sendiri ;)

Semua jaminan itu boleh anda copas, anda klaim dan anda gunakan dimanapun. Bahkan kalau Anda bikin kitab suci, boleh Anda pakai juga. Anda tak harus menyebut asalnya dari mana. Saya meniru jaminan-jaminan itu dari berbagai buku yang berhasil meyakinkan para pembacanya bahwa buku-buku itu sangat suci.

11 responses to “Jaminan”

  1. Bubu says :

    Don’t get it so well..
    sorry

  2. Yayan A.I says :

    mulai curiga neh, kaloe-kaloe si Guh ne Jenius…

  3. joko says :

    memuja akal , logika dan nalar yang sempit serta takabur kepada diri sendiri..narsisme yang aneh.

  4. Guh says :

    @Yayan, sama dong *toss*
    @Joko, apa yang membuat Mas Joko berpendapat seperti itu?

  5. Tuan Adan says :

    Terberkatilah pengikut-pengikut Mu, semoga tercerahkan pula jalan bagi siapa pun yang baru memulai.

  6. rima fauzi says :

    Saya setuju, memang jaminan2 seperti ini dari jaman dulu sampai sekarang dagangan yg laris manis. Makin lama makin banyak jaminan2 baru, walaupun yg merasa memiliki jaminan lama ramai2 keroyok dan memampuskan para penjamin2 baru yg mereka anggap sudah mengotorkan area tempat mereka berdagang.
    Tapi khusus utk guh, penjamin terbaru, saya dukung 100%. Guh untuk presiden!!!

Trackbacks / Pingbacks

  1. Looping Jahanam « Guh - Maret 3, 2009

Tinggalkan komentar